Selasa, 17 September 2013

Artikel NoSQL

NoSQL singkatan Not Only SQL . Hal ini diucapkan sebagai noseequel . Ini adalah salah satu jenis lain dari penyimpanan data selain database yang digunakan sebelumnya. Jenis database ini digunakan untuk menyimpan sejumlah besar penyimpanan data seperti data dalam facebook yang terus meningkat dari hari ke hari . 

NoSQL adalah sistem manajemen database non-relasional, pengambilan informasi yang cepat dari database dan portabel . NoSQL pada dasarnya berasal dari sistem database RDB . Database ini  biasanya berinteraksi dengan sistem operasi UNIX . Database NoSQL database adalah mereka yang non - relasional ,open source , didistribusikan di dunia,  serta memiliki kinerja tinggi dengan cara linear yang terukur . Database nonrelational tidak mengatur data dalam tabel terkait ( yaitu , data disimpan dalam cara non -normalisasi ) . database NoSQL adalah open source , sehingga setiap orang dapat melihat source code secara bebas , memperbaruinya sesuai dengan kebutuhannya dan kompilasi . didistribusikan berarti data menyebarkan ke perangkat yang berbeda dan dikelola oleh perangkat yang berbeda, jadi di sini menggunakan konsep data replikasi . NoSQL mungkin secara simbolis direpresentasikan sebagai ditunjukkan pada gambar 1 :

 
Gambar 1 : representasi simbolik NoSQL
Gambar 1 menyatakan query ke database tanpa interaksi atau antarmuka bahasa SQL . Garis Miring dalam gambar menunjukkan penggunaan database tanpa menggunakan SQL ( Structured Query Language ) . Jadi , untuk mengakses database tersebut kita dapat menggunakan beberapa format lainnya seperti XML untuk menyimpan dan mengambil informasi dari database .
Dengan munculnya situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter , permintaan teknologi baru yang dapat menangani jumlah data yang besar telah menyebabkan munculnya berbagai teknologi baru dan salah satu yang menonjol adalah NoSQL yang cukup membantu dalam penyimpanan segudang data. NoSQL ( non - relasional ) relatif lebih cepat dari database relasional .. Sebelumnya , di SQL menggunakan bahasa Query untuk mengambil serta menyimpan data , kalau di  NoSQL menyimpan entitas data besar dengan menggunakan dokumen XML ( eXtensible Mark up Language ) format . Bahasa XML pada dasarnya digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk terstruktur yang dibaca manusia.

Aoksiomatik dari  NoSQL

A. ASAM free
ACID singkatan Atomicity , Konsistensi , Isolasi dan Daya Tahan . Konsep ACID pada dasarnya berasal dari lingkungan SQL. Tapi dalam NoSQL tidak akan menggunakan konsep ACID karena fitur Konsistensi SQL. Dalam artikel ini akan melihat bagaimana konsep ACID menciptakan masalah untuk NoSQL . Seperti dalam lingkungan terdistribusi , data menyebar ke mesin yang berbeda , setiap mesin menyimpan data dan pemeliharaan diperlukan konsistensi. Misalnya, jika ada perubahan dalam satu tupple table maka perubahan yang diperlukan dalam setiap enggine dimana data tertentu berada .

B. BASE
BASE kebalikan dari ACID [ 1 ] . database NoSQL dibagi antara jalan dari ACID ke BASIS .
Fokus utama menuju belakang BASE adalah ketersediaan permanen [ 6 ] .
Misalnya, berpikir tentang database di bank, jika dua orang yang mengakses akun sama di kota yang berbeda maka perubahan data yang  diperlukan bukan hanya dalam waktu yang sama tetapi membutuhkan beberapa database real time juga. Perubahan harus sering dilakukan pada semua mesin . Beberapa contoh lebih banyak reservasi kereta api online, perdagangan buku online, dll

C. CAP
CAP singkatan Konsistensi , Ketersediaan dan Partisi toleransi . CAP pada dasarnya adalah sebuah teorema yang mengikuti tiga prinsip.

( 1 ) Data yang ada pada semua mesin harus sama dalam segala hal dan perubahan data yang konsisten harus dilakukan pada semua mesin atau consistent data.
( 2 ) Data harus tersedia secara permanen dan harus diakses setiap waktu atau availability.
( 3 ) Selama kegagalan mesin atau kesalahan dalam mesin database yang akan bekerja dengan baik tanpa berhenti kerja atau partition
Tolerance


Peranan data dan Arsitektur di NoSQL
Ada empat komponen dalam blok bangunan nya.

[1.] Modelling Language: Ini menggambarkan struktur database dan juga mendefinisikan skema yang itu didasarkan. data adalahyang disimpan dalam bentuk baris dan kolom menggunakan XML format. Dan setiap data (nilai) sesuai dengan itu ditugaskan kunci yang unik. Untuk akses data lebih cepat, model dibangun di lingkungan yang sesuai.
[2.] Database Struktur: Setiap basis data sementara bangunan menggunakan struktur data sendiri, dan menyimpan data menggunakan perangkat penyimpanan permanen.
[3.] Database bahasa Query: Semua operasi yang dilakukan pada database yang membuat, merubah, membaca dan menghapus.
[. 4] Transaksi: Dalam setiap transaksi dalam data, mungkin ada jenis kesalahan atau kegagalan, kemudian, mesin tidak akan berhenti kerja.

Jenis penyimpan data NoSQL.
Atas dasar teorema CAP,  database NoSQL dibagi menjadi beberapa jumlah database . Ada empat jenis penyimpan data dalam NoSQL .

1 . Key value databases
Key value databases nama itu sendiri menyatakan bahwa itu adalah kombinasi dari dua hal yang merupakan kunci dan nilai . Ini adalah salah satu low profile sistem database ( tradisional) . Key Value database ( KV ) adalah ibu dari semua database NoSQL .
 Key adalah sebuah identifikasi unik untuk entri data tertentu. Kunci tidak harus diulang jika digunakan.
 Value adalah jenis data yang ditunjuk oleh kunci.



2 . Document Stores Databases
Document Stores Databases adalah mereka database NoSQL yang menggunakan catatan sebagai dokumen. Jenis Document Stores Databases terstruktur (teks ) atau semi - terstruktur ( XML ) dokumen yang biasanya hirarki di nature . Di sini setiap dokumen terdiri
dari satu set kunci dan nilai-nilai yang hampir sama seperti ada dalam database Key Value . Setiap database yang berada di Document Stores Databases dipindahkan ke field dengan menggunakan pointer dengan menggunakan teknik hashing . Document Stores Databases adalah skema bebas dan tidak tetap di nature .
Struktur Document Stores Databases  digambarkan pada Gambar di bawah ini.




 Angka tersebut menggambarkan bahwa itu terdiri dari jumlah di Document Stores Databases dokumen seperti database 1,2,3,4 dan memiliki id nya A , B , C , D yang berada di dalamnya yang menunjuk ke database-nya yang memiliki beberapa kaitannya dengan hal itu . Database menunjukkan nilai menggunakan beberapa kunci unik yang berada di perusahaan Database . Ini terdiri dari sebuah array dari database (yaitu berupa ember ) . Ini akan lebih jelas setelah mengambil contoh dibahas di bawah ini .

3 . Columnar Database
Columnar Database juga dikenal sebagai database keluarga kolom karena mereka adalah database berorientasi kolom .
Ada dua jenis database berorientasi kolom yang detail seperti yang diberikan di bawah ini :

( 1 ) Wide-Column data stores:
Ini adalah salah satu jenis database NoSQL . Menyimpan data Kolom lebar adalah mereka database yang digunakan untuk pengolahan web ,streaming data dan dokumen .


( 2 ) Column oriented databases:
Untuk memahami database berorientasi kolom mari kita mengambil contoh database bank yang diberikan dalam gambar 9 yang bidang atribut adalah EmpID , Gaji dan penunjukan dan nilai-nilai sesuai dengan itu adalah seperti yang digambarkan dalam database .



4 . Graph databases.
Database Grafik didasarkan pada teori graf . Secara umum, kita melihat grafik yang biasanya terdiri dari node \ , sifat dan tepi .
Database NoSQL Grafik terdiri dari :
( 1 ) Node mewakili entitas
( 2 ) Properti merupakan atribut
( 3 ) Tepi mewakili hubungan [ 6 ] .
Struktur Graph databases adalah sebagai berikut:


KARAKTERISTIK NoSQL

 NoSQL tidak menggunakan model data relasional dengan demikian tidak menggunakan bahasa SQL .
 NoSQL toko volume data yang besar .
 Dalam lingkungan terdistribusi (data menyebar ke mesin yang berbeda ) , kita menggunakan NoSQL tanpa ketidaksesuaian .
 Jika ada kesalahan atau kegagalan ada di setiap mesin , maka dalam hal ini tidak akan ada penghentian pekerjaan .
 NoSQL adalah database open source, yaitu kode sumbernya tersedia untuk semua orang dan bebas menggunakannya tanpa
overhead .
 memungkinkan data NoSQL untuk menyimpan dalam catatan yang tidak memiliki apapun skema tetap.
 NoSQL tidak menggunakan konsep ACID properti .
 NoSQL adalah horizontal scalable menyebabkan kinerja tinggi dalam cara linear .
 Hal ini memiliki struktur yang lebih fleksibel.


KESIMPULAN

Artikel ini diharapkan memberikan gambaran tentang database NoSQL , tentang bagaimana ia menolak dominasi SQL ,dengan latar belakang dan karakteristik . Ini juga menggambarkan fundamental yang membentuk dasar dari database NoSQL sepertiACID , BASE dan CAP teorema . Properti ACID tidak digunakan dalam database NoSQL database karena konsistensi data sehingga kita mengenal bagaimana SQL tertinggal konsistensi data . Kemudian, atas dasar teorema CAP kita dijelaskan berbagai jenis Database NoSQL yang kunci - nilai database , Document Toko Database , database yang berbasis Columnar , dan database Grafik dengan bantuan sebuah contoh . Selain semua ini kita juga telah menggambarkan karakteristik mereka , kompleksitas dan kinerja . Penelitian lebih lanjut sedang terjadi di teknologi baru yang timbul untuk NoSQL .


Best regrads,
Nugraha Santosa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan